Belitung seakan tidak pernah habis untuk dijelajahi. Pasir putih, laut jernih dan batu-batu besar khas Tanjung Kelayang adalah surga bagi pecinta jalan-jalan domestik maupun mancanegara. 

 

Tak hanya Tanjung Kelayang, Belitung memiliki pulau-pulau 'surga' yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi. Dengan klotok (perahu tradisional) dengan tarif sewa Rp 300 ribu, wisatawan bisa menjelajahi surga tersebut.

 

1. Pulau Lengkuas 

Di pulau ini masih berdiri tegak mercusuar yang dibangun pada era kolonial Belanda tahun 1882. Naik lah ke atas mercusuar untuk melihat 'surga Lengkuas' dari berbagai sudut. Di lokasi ini juga bisa snorkeling dan yang paling menarik adalah berinteraksi dengan ribuan ikan hias hanya dengan melemparkan sepotong roti. 

 

Kurang lebih 0,5 mil laut barat Pulau Lengkuas terdapat kapal Indomarine yang tenggelam pada tahun 1990 di kedalaman 19 meter. Jika menyelam, kapal ini kini menjadi rumah bagi ikan-ikan dan terumbu karang yang indah. 

 

2. Pulau Batu Berlayar

Sebuah pulau kecil yang istimewa karena terdiri dari beberapa batu granit besar yang tersusun rapi. Di tengah kumpulan batu terdapat pasir maha putih yang sayang untuk dilewatkan.

 

3. Pulau Kepayang

Pulau ini berada di Desa Tanjung Binga. Dapat dicapai dari Pantai Tanjung Kelayang sekitar 15 menit. Pulau Kepayang biasa dijadikan tempat peristirahatan makan siang oleh wisatawan.

 

4. Pulau Pasir

Hanya merupakan hamparan pasir yang tidak memiliki pohon dan batu-batu. Apabila laut sedang surut, wisatawan akan menemukan bintang-bintang laut yang terhampar.

 

5. Batu Garuda

Berlayar dari Tanjung Kelayang tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Batu Garuda. Pulau ini tidak terlalu besar namun banyak ditumbuhi pepohonan. Ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk mengabadikan momen dan salah satu tempat paling 'instagramable'.

 

--

 



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas